Sabtu, 18 Juni 2016

MENARA KUDUS & TREMBESI




MENARA KUDUS & TREMBESI Apakah nitizen sudah tahu Trembesi ?  trembesi atau Pohon Hujan merupakan sebuah tumbuhan pohon besar, tinggi dengan tajuk yang sangat melebar. Tumbuhan ini pernah populer sebagai tumbuhan peneduh. Pohon ini mempunyai beberapa julukan nama seperti Saman, Pohon Hujan dan Monkey Pod namun perakarannya yang sangat meluas membuatnya kurang populer karena dapat merusak jalan dan bangunan di sekitarnya. Saat ini pantai utara Jawa serta Madura dilakukan penghijaun tepi jalan raya dan program ini dimulai dari kota Kudus.
Mengapa dari kota Kudus? Sebuah yayasan Djarum Foundation di Kudus memberi perhatian, dana dan tenaga perawat bibit hingga pohon Trembesi dewasa. Selama ini kota Kudus yang dikenal Menara Kudus, tepatnya masjid Menara Kudus yang dibangun pada tahun 1549 dengan menggunakan batu bata Baitul Maqdis dari Palestina. Masjid ini terletak di desa Kauman kota Kudus, adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Menjelang bulan Ramadhan di kawasan masjid menjadi tempat keramaian Festival Dhandhangan.

            Kota Kudus yang menjadi besar dengan berdirinya pabrik – pabrik rokok seperti Gentong Gotri, Noyorono dan yang paling besar Djarum Kudus. Bagi kaum remaja mungkin bertanya penulisan ‘JARUM’ mengapa tertulis ‘DJARUM’? merek dagang rokok ‘Djarum’ ditulis sebelum Ejaan yang Disempurnakan pada tahun 1972. Ribuan bahkan puluhan ribu penduduk kota dan kabupaten Kudus bekerja pada usaha rokok, dari home industry hingga skala pabrik dengan ribuan karyawannya. Pabrik rokok Djarum dengan puluhan ribu karyawan memiliki Tanggung Jawab Sosial berupa pendirian yayasan Djarum Foundation yang sudah dikenal luas dengan program Bea siswa serta program Sejuta Pohon. Dipilihlan pohon Trembesi sebagai pohon di tepi jalan yang meliputi Jawa dan Madura. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar di seluruh daerah tropika. Memiliki batang yang tinggi, besar dan kuat. Ketinggian pohon trembesi bisa mencapai 10 hingga 20 meter. Permukaan batang berwarna coklat hingga hitam, beralur dan kasar. Serta memiliki bunga berwarna merah kekuningan.. ..suatu pemandangan musim bunga yang indah di jalan raya kota Malang bagian selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar