Selasa, 14 Juni 2016

ARISAN PAKET LEBARAN


ARISAN PAKET LEBARAN Dalam bulan Puasa banyak perhatian para ibu rumah tangga untuk belanja bagi santapan hari raya Idul Fitri. Kecenderungan harga pasar yang melonjak menjelang lebaran biasanya disiasati dengan ikut Paket Lebaran baik berupa paket Sembako, paket Kue / Parcel Lebaran bahkan ditawarkan juga paket Anak yang berisi fanta, sprite, coca cola, yakult, buavita, nutrisari, susu bendera cair, fruit tea, silver queen, tango, sozzis, citato, taro, koko crunch, kacang garuda, pop mie, inaco, tim tam. Sedangkan isi paket Sembako sebagai berikut beras, indomie, minyak goreng, emping, cornet, susu bendera cair, daging sapi, gula pasir, gula merah. Isi paket Kue / Parcel biasanya kue keju, kue nastar, putri salju, kue sagu, kue kacang.
            Paket Sembako dan paket Anak dengan pola pengambilan uang setiap minggu untuk memperingan uang belanja sedangkan paket Kue Lebaran cukup dengan pola pengambilan bulanan. Bagi pihak penyelenggara mendapat keuntungan mendapat diskon dari distributor karena ambil banyak serta dapat uang angsuran mingguan; sedangkan bagi ibu – ibu mendapat keuntungan uang diambil di rumah dan nominal yang disetor sesuai belanja keluarga. Bahkan muncul Arisan Paket Lebaran dengan hasil yang diterima juga uang. Angsuran disetor 47 x dan nantinya diterima 51 x angsuran. Angsuran pertama sejak 2 minggu setelah lebaran dan nantinya mendapat uang paket 2 minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri.

            Pihak penyelenggara paket lebaran sudah beragam mulai perseorangan, organisasi sosial kemasyarakatan sampai koperasi. Perlu jeli memperhatikan pihak penyelenggara terlebih jika pencetusnya perseorangan. Berita di media massa menjelang lebaran beberapa kali ditampilkan rombongan ibu dan warga yang mendatangi rumah / kantor penyelenggara arisan untuk ambil alias sita barang sebab mereka ingkar memberikan paket lebaran. Kalau sudah begini ya menu lebaran berupa nasi dan ayam goreng saja.... ketupat dan opornya nunggu saat bersilaturahmi ke tetangga..ha..ha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar