Kamis, 23 Juni 2016

APAKAH TEMBAKAU WELERI MEMILIKI KADAR TAR 5 ?



APAKAH TEMBAKAU WELERI MEMILIKI KADAR TAR 5 ? KOTA WELERI tepatnya Kecamatan Weleri berada 6 kilometer dari pantai utara Jawa. Lokasi strategis Weleri di jalan raya Seemarang – Pekalongan pada pertigaan jalan ke arah selatan menuju kota Temanggung. Obyek wisata yang terkenal yakni Pantai Sendang Sikucing dan Pantai Cahaya, keduanya berlokasi di desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari - Kabupaten Kendal. Keindahan Pantai Sendang Sikucing sudah lama terkenal untuk masyarakat daerah Kendal dan sekitarnya. Pantai landai dengan pasir hitamnya yang bersih dan pemandangan alamnya yang indah merupakan tempat yang cocok untuk membawa keluarga berwisata murah tapi berkualitas. Banyak yang menggunakan kesempatan berwisata ke pantai tersebut untuk mandi-mandi dan bermain di pasir pantainya yang bersih. Pantai Cahaya pada awalnya merupakan tempat konservatorium lumba-lumba yang sekarang bertambah menjadi Area Wisata dan Terapi Anak Berkebutuhan khusus. Konon lumba-lumba yang ditangkap di laut Jawa tersebut kemudian dilatih di pantai Cahaya sebelum dibawa ke kawasan Wisata Ancol, Jakarta.
                    Weleri merupakan pusat keramaian di kabupaten Kendal selain Pabrik Gula Cepiring. Selain Pantai Cahaya di desa Sendang Sikucing, ada lagi yang bekern dari Weleri yakni Kospin Sekartama. Awal pendirian bernama  Koperasi Pedagang Kaki Lima “Sedya Karya Utama” lantas pada tahun 2000 terjadi perubahan nama menjadi “Koperasi Simpan Pinjam SEKARTAMA” atau yang disebut dengan “KOSPIN SEKARTAMA.  Yang paling terkenal dari Kabupaten Kendal yakni lahannya cocok untuk budidaya tanaman tembakau. Terdapat 13 kecamatan di kabupaten Kendal adalah Gemuh, Ringinarum, Pegandon, Ngampel, Weleri, Kangkung, Rowosari, Cepiring, Patebon, Kendal, Brangsong, Sukorejo dan Plantungan. Petani Kendal menanam dua varian tembakau yakni Welerian dan Temanggungan. Kedua varian ini dipasarkan pada semua pabrik rokok di pulau Jawa, alkisah aktifitas ini memunculkan banyak petani dan pedagang tembakau yang akhirnya memacu geliat ekonomi kecamatan Weleri lebih maju dibandingkan kecamatan – kecamatan di sekitarnya.

                    Bulan Maret - Juli menjadi begitu sakral bagi para petani tembakau di wilayah Kabupaten Kendal. Pada awal musin kemarau yang minim curah hujan membuat lahan mereka siap ditanami tembakau. Tak heran ribuan petani tembakau di wilayah ini merayakan kedatangan musim tanam dengan berbagai ritual syukur dan pengharapan. Upaya untuk menghasilkan cita rasa kualitas tembakau yang tinggi tetap dilakukan meski di tengah baying - bayang PeraturanPemerintah (PP) No 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.  Di daerah Kendal bagian atas meliputi Kecamatan Sukorejo, Pageruyung, Plantungan dan Patean dengan total sekitar 800 hektare lahan penghasil tembakau. Kalau musim kemarau, lahan di daerah atas tidak bisa ditanami apa pun kecuali tembakau.  Padahal, Kabupaten Kendal bagian atas sekitar 1.000 - 1600 Mdpl merupakan penghasil tembakau varian Temanggungan dengan kadar nikotin dan tar melebihi kadar maksimal yakni tar 4 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar