Sabtu, 21 Mei 2016

TIPS WISATA KE SEMARANG




TIPS WISATA KE SEMARANG   Rekan - rekan yang punya rencana berwisata ke Semarang, berikut ada Tips wisata ke Semarang  diantaranya :
1. Pos Dana
Pisahkan anggaran akomodasi dan tiket transportasi pergi – pulang rumah dari anggaran untuk keperluan makan, membayar tiket masuk ke tempat wisata atau untuk membeli oleh-oleh. Bawa uang seperlunya dalam dompet dan simpan sisanya di rekening bank dan dapat diambil sewaktu-waktu menggunakan ATM ‘ anjungan tunai mandiri ‘. Hal ini juga bermanfaat untuk menimbulkan rasa aman pada diri sendiri karena tak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dibawa kemana - mana.
2. Jangan bepergian di musim liburan atau akhir pekan
Musim liburan memang menyenangkan bagi sebagian wisata wan, namun mereka juga harus siap dengan kenyataan bahwa segalanya menjadi lebih mahal, tak terkecuali tiket pesawat maupun kereta api dan penginapan. Selain itu mungkin tidak akan bisa menikmati dengan puas di tengah suasana penuh sesak. Kunjungi Semarang di hari - hari kerja akan lebih hemat karena hotel mematok harga yang lebih murah dibandingkan musim liburan.
3. Cari penginapan dengan harga murah.
Jalan Imam bonjol banyak dijumpai penginapan yang menawarkan harga miring per malamnya. Harga sewa kamar berkisar Rp 120 ribu hingga Rp 200 ribu per hari dan bisa menjadi lebih murah jika kamu menyewanya untuk enam hari berturut - turut. Fasilitas yang disediakan juga memadai yaitu single bed, kipas angin dan kamar mandi dalam. Sebaiknya memeriksa informasi dan reputasi masing - masing penginapan melalui internet agar tak salah pilih.
4. Makan di kedai makan, warung
Untuk urusan makan, kota Semarang termasuk kota dengan biaya hidup rendah artinya banyak warung makan murah. Tanya ke petugas parkir atau satpam lokasi penginapan pasti cepat memberi tahu lokasi makan yang bersih dan murah. Bakso, soto, mie kopyok, mie ayam atau makanan - makanan lokal lainnya tentu cocok di lidah dan harganya pun murah.
5. Membeli suvenir di pasar Johar, Kampung Batik dan Masjid MAJT
Dimana - mana yang namanya pasar pasti menjual barang dengan harga lebih murah dibandingkan dengan toko modern. Jangan tergoda untuk membeli suvenir yang ditawarkan toko cinderamata karena bisa dibeli dengan harga jauh lebih murah di Pasar Johar, Kampung Batik serta Sentra Seni di Masjid MAJT Jateng.

6. Menyewa mobil bila pergi berombongan
Banyak tempat wisata yang letaknya susah dijangkau karena keterbatasan angkutan umum seperti masjid MAJT Jateng dan Waduk Jatibarang / Gua Kreo. Namun hal itu bisa dicarikan solusi dengan cara menyewa mobil, apalagi bila kita pergi berombongan. Banyak jasa penyewaan mobil yang sekaligus menyediakan paket city tour yang bisa kita pilih dengan harga mulai dari Rp 400.000,-/ 12 jam. Jika ada kenalan / teman yang bisa mengendarai mobil dan memiliki SIM A, kita bisa menyewa mobil lepas kunci seharga kurang lebih Rp 300.000,-/ 12 jam. Hal ini tentu jauh lebih hemat dan efisien. Dengan menyewa mobil yang dihitung harian, kita bisa menjelajah pelosok Semarang dengan leluasa.
7. Memanfaatkan Trans Semarang
Fasilitas transportasi umum yang bisa diandalkan ketika berwisata ke Semarang adalah Trans Semarang. Bus - bus Trans Semarang ini dapat mengantarkan kita berwisata ke beberapa ikon Semarang hanya dengan membayar seharga Rp 3.500,- untuk satu kali jalan. Rute Taman Margasatwa Bonbin Semarang di Mangkang – Tugu muda / Lawang sewu – Simpang lima – Terminal Penggaron wajib dicoba pertama kali. Selanjutnya rute Terminal Terboyo – Pasar Johar – Mal Paragon – Tugu muda / Lawang sewu – kawasan Candi – Tanjakan Gombel - Terminal Banyumanik merupakan pilihan kedua.

Mengelompokkan tempat-tempat wisata yang akan kita kunjungi berdasarkan lokasinya merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Mengunjungi tempat - tempat wisata yang berdekatan tentu akan menghemat waktu perjalanan sekaligus biaya transportasi. Masjid MAJT Jateng, pasar Johar di timur kota sedagkan Tugu muda / Lawang sewu, Simpang lima dan Mal Paragon berada di pusat kota. Di selatan kota Semarang terdapat tanjakan Gombel dan Vihara Buddhagaya Pudakpayung dengan Pagoda Avalokitesvara yang terkenal dengan nama Vihara Watugong karena terdapat batu besar yang bentuknya mirip Gong, alat musik tradisional Jawa. Di sisi barat terdapat Klenteng Sam Po Kong, Taman Margasatwa Bonbin Semarang di Mangkang dan Waduk Jatibarang / Gua Kreo. Demikian pilihan cerdas dan murah untuk wisata ke Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar